“Tajdid” Muhammadiyah Jangan Mundur

Menjelang muktamar Muhammadiyah ke-45 yang akan dilaksanakan awal Juli 2005 mendatang, beberapa nama calon ketua Umum PP Muhammadiyah mulai bermunculan. Dalam pengajuan awal di sidang tanwir, para kandidat yang masuk lima besar adalah Din Syamsuddin dengan perolehan 134 suara, Haedar Nashir 112 suara, Rosyad Sholeh 100 suara, Syafi’i Ma’arif 94 suara, dan Amien Rais dengan perolehan 26 suara.

Para anggota sidang tanwir adalah para pemimpin daerah (PD-M) dan pemimpin wilayah (PWM) seluruh Indonesia ditambah anggota majelis dan pemimpin pusat.

Kemunculan nama Amien Rais sebagai calon Ketua Pemimpin Pusat Muhammadiyah mendatang bukanlah fenomena yang mengejutkan. Sebab, setelah lengser dari DPP PAN awal April lalu, ada beberapa pemimpin wilayah Muhammadiyah (PWM) yang terang-terangan mendukung beliau untuk kembali memimpin Muhammadiyah. Bahkan, Amien Rais sendirri sudah menegaskan, bila diberi amanat oleh muktamirin, dia siap melanjutkan kepemimpinannya yang terputus tujuh tahun lalu. Sebagaimana banyak kita ketahui, melalui sidang Tanwir Muhammadiyah pada tahun 1998 di Semarang, Amien Rais diamanatkan untuk memimpin PAN ( Partai Amanat Nasional) sebagai wadah politik lanjutan dari gerakan reformasi yang dipelopoinya. Nah, berdasarkan hal ityu, Amien Rais merasa belum mengkhatamkan kepemimpinannya dan ia mempunyai tanggungjawab moral untuk melanjutkannya (Koran Tempo,28 April 2005).

Sebagai sebuah organisasi modern, Muhammadiyah tentu saja menghormati hak semua anggotanya untuk mencalonkan atau dicalonkan sebagai pemimpin. Semuanya mempunyai hak yang sama atas kesempatan itu……#OP310505A#

Ahmad Fuad Fanani, Anggota jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah (JIMM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: