Memangnya “Posyandu” Masih Ada?

Ketika penyakit polio di Sukabumi kembali muncul menjadi heboh nasional, dan ketika diketahui bahwa ternyata masih ada sebagian masyarakat kita yang ngumpet hanay karena tahu anaknya akan diberi imunisasi, maka ketika itu pula penulis diingatkan kembali akan kaidah ini; bahwa urusan kesehatan bukan Cuma urusan pelayanan.

Urusan kesehatan adalah urusan lingkungan, sikap, dan perilaku masyarakat. Adalah hasil penelitian Hendrik L. Blum yang sudah sering diangkat dan disuarakan para pakar kesehatan yang mengungkapkan bahwa dari empat faktor kunci yang memengaruhi derajat kesehatan, maka aspek pelayanan ternyata hanya memiliki kontribusi sebesar 20 persen. Sementara sebagian besarnya, 80 persen, dipengaruhi oleh tiga faktor lainnya. Persisnya, 45 persen ditentukan oleh lingkungan, 30 persen ditentukan perilaku, dan sisanya 5 persen ditentukan oleh faktor genetik atau keturunan.

Itu semua berarti bahwa urusan kesehatan bukan cuma urusannya dokter, bidan, atau tenaga medis lainnya. Urusan kesehatan merupakan urusan banyak pihak, bahkan mesti menjadi urusan semua pihak. Lebih-lebih, konon dokter di Indonesia ini tidak dibekali cukup untuk mengubah perilaku, karena mereka lebih banyak dididik untuk mengobati, tegas Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Prof. Hasbullah Thabrany.

Itu semua juga mesti menjadi isyarat bahwa kebijakan pembangunan di sektor yang satu ini sejatinya dirumuskan sekaligus diarahkan secara proposional menurut kisaran angka-angka itu……#OP030605A#

Saeful Millah, peminat masalah sosial kependudukan, tinggal di Cianjur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: