Parpol dan Parlemen yang Autis

Kericuhan di parlemen baru-baru ini ada yang menilai sebagai fenomena perlunya anggota dewan mawas diri. Ini berkaitan dengan pembawaan dan perilaku anggota dewan yang tidak pas dengan kedudukannya yang terhormat. Tapi ada juga yang menilai kericuhan itu sebagai fenomena premanisme dalam tubuh dewan.

Kericuhan yang hampir mengarah pada perkelahian itu dinilai sebagai perilaku agresif preman yang tidak sepantasnya dilakukan anggota dewan. Alih-alih mendemonstrasikan kemampuannya berargumen, berbicara, anggota dewan justru memperlihatkan kemampuan meneror, gandrung pada kekerasan.

Saya mau melihat seluruh kejadian di tubuh dewan-bukan hanya kericuhan tanggal 16 Maret 2005 saja-sebagai gejala autisme. Sinyal dari senayan dan dari berbagai parlemen lokal di seluruh penjuru tanah air, cukup kuat mengindikasikan : parlemen kita, sampai tingkat tertentu, mendeita autis(me). Beberapa penanda utama penderita autis di antaranya adalah sibuk dengan dunianya sendiri,sulit berkomunikasi dengan orang lain, sulit tenang, sulit berdiam diri,hiperaktif walaupun kadang lambat dan malas bereaksi. Seringkali meniru perkataan walaupun tidak tahu makna sosialnya, mengulang-ulang kata, dan kadang bicaranya aneh-aneh. Selain itu penderita autis juga sering terpaku pada suatu pola tindakan, sulit berubah dari suatu pola tindakan, sulit berubah dari suatu kebiasaan, tindakannya repetitif sehingga sulit konsentrasi, perhatiannya tidak fokus, dan tempo kontak matanya pendek.

Tidak terlalu sulit mencari momen kapan parlemen berperilaku seperti penderita autis. Ricuh sidang paripuna tanggal 16 Maret 2005 yang baru lalu adalah sebuah bentuk ketidak mampuan anggota dewan berkomunikasi….#OP140405A#

Dedi Haryadi, Direktur Bandung Institute of Govermence Studies

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: