Pendidikan Keserakahan dan Arwah Pahlawan

Seorang gurubesar, tingkat tertinggi pegawai pendidikan, kalau mau beli mobil Karimun harus puasa selama dua setengah tahun. Bagaimana para pegawai tinggi itu mampu membeli 4 mobil di rumahnya yang wilayah elite itu?

Bebaskan Indonesia dari pemimpin yang berkeinginan jahat. Beri kami para pemimpin yang berkehendak baik dan berani melakukan kebaikan. Kami masih percaya orang-orang baik, mereka yang jatuh dalam kejahatan dan mengakui telah melakukan kejahatan. Kami tidak mempercayai orang-orang jahat, meskipun melakukan kejahatan tetap tidak menyadari kejahatan.

Baik dan jahat memang dapat diperdebatkan, karena itu masalah pikiran. Itulah sebabnya Engkau ciptakan para pengacara. Tetapi, baik dan jahat juga masalah perbuatan, realitas tampak dan bukan realitas pikiran. Semua orrang dapat membaui kejahatan, Bahkan, seorang balita mampu mencium kejahatan. Bau kejahatan tidak dapat ditutup-tutupi. Orang baik yang berbau kejahatan, secepatnya menghilangkan asal bau itu. Orang jahat tidak pernah mengakui dirinya berbau.

Jangan mencuri. Jangan menginginkan milik yang bukan milikmu. Itu suara para pemimpin bangsa-bangsa beradab sejak dahulu kala. Tetapi, manusia tetap saja mencuri, tetap saja mengambil yang bukan miliknya. Mengapa manusia mengambil yang bukan hak miliknya ? Mahabhatara mengatakan, karena niat serakah manusia. Keserakahan adalah mata air keruh semua kejahatan.

Tetapi manusia juga mengambil yang bukan miliknya karena kekurangan kepemilikannya. Orang lapar perlu makanan. Orang lapar mencari makanannya. Makan adalah kebutuhan untuk melanjutkan keberadaan tubuhnya. Makan adalah kebudayaan. Kematian adalah antikebudayaan. Manuis berbudaya adalah mereka yang mengulurkan makanan bagi yang sedang kelaparan. Orang lapar cepat tergoda oleh makanan. Inilah sebabnya pernah berkembang budaya perang untuk memperebutkan sumber makanan…….#OP140405B#

Jakob Sumardjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: