Tepatkah Ngamprah Menjadi Ibu Kota Bandung Barat ?

Penentuan ibu kota kabupaten sebenarnya lebih banyak ditentukan oleh tingkatan rasa dekat, rasa nyaman, dan kejiwaan masyarakatnya yang akan membangun pemerintahan yang demokratis. Penentuan ibukota semestinya bukan hanya ditentukan oleh segelintir orang yang tidak akan mendiami kawasan itu seterusnya. Seringkali penentuan ibu kota kabupaten hanya berdasarkan pada perhitungan-perhitungan matematis, perhitungan kelancaran transportasi keluar atau masuk suatu kawasan, yang semuanya itu diperuntukkan bagi orang lain, orang luar, bukan untuk kemudahan secara fisik dan psikis masyarakatnya.

Sewajarnya, sebelum menentukan ibukota Kabupaten Bandung Barat (KBB), para peneliti penentu ibu kota menyelami terlebih dahulu apa yang melatarbelakangi keinginan masyarakat untuk mendirikan KBB. Apakah mereka yang berkeinginan melepaskan dirri dari Kabupaten Bandung dan membentuk kabupaten sendiri itu ingin berpisah karena dalam pikirannya terdapat landasan pemikiran yang bersifat matematis dengan rumus-rumus yang menghasilkan angka-angka?

Jawabannya pasti tidak. Keinginan untuk memisahkan diri itu dapat dipastikan karena alasan-alasan psikologis, karena alasan-alasan, misalnya merasa kurang diperhatikan, kurang terakomodasikannya aspirasi warga, kurang meratanya pembangunan di kawasan KBB, dan yang lainnya. Jadi, keinginan untuk memisahkan diri dari Kabupaten Bandung lebiuh karena alasan-alasan kejiwaan, sementara penentuan ibu kota lebih berdasarkan pada perhitungan-perhitungan kemudahan, perhitungan kelancaran,dan perhitungan ekonomi, atau bahkan hayan karena perhitungan politis?.

Disinilah letak masalahnya. Sebuah penelitian bisa menjadi aib ilmiah….#OP130405B#

T. Bachtiar, anggota Masyarakat Geografi Indonesia dan Kelompok Riset Cekungan Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: