Titik Tengah Islam dan Politik

Tanggapan Herman Ibrahim di harian ini (“Pikiran Rakyat”,29 April 2005) tentang “Matinya Islam Politik Adjan Sudjana” terhadap tulisan Adjan Sudjana (“Pikiran Rakyat”,27 April 2005) tentang “Sunda dan Islam Politik” mengingatkan saya pada polemik klasik tentang hubungan Islam dengan negara, Islam dengan politik, Islam dengan pemerintahan, dan sebagainya.

Persoalan berawal dari tanggapan Adjan Sudjana terhadap tulisan Prof. Dr. Didi Turmudzi (Pikiran Rakyat,16 Maret 2005) bahwa Islam bagian dari identitas urang Sunda. Persoalan selanjutnya mengembang pada masalah Islam politik yang di situ Herman Ibrahim mengkritik tajam apa yang dipahami tentang Islam politik oleh Adjan Sudjana. Saya ingin meluruskan apa yang sebenarnya di maksud Islam politik oleh Adjan Sudjana sebagaimana yang tertuang dalam tulisannya. Dengan kata lain, terdapat kesalahan dan misinterpretation dari Herman Ibrahim terhadap Adjan Sudjana.

Dalam ilmu Adabul Bahtsi Wa al-Munadzarah (etika berdiskusi) pertama-tama yang perlu dipahami adalah subtansi persoalan yang dipermasalahkan. Islam politik yang dimaksud Adjan Sudjana (yang saya pahami) adalah perilaku kepura-puraan dengan menggunakan topeng Islam. Seseorang berpura-pura mwmiliki sikap hidup Islami, tapi dalam kenyataannya jauh dari panggang dari api sebagai penganut ajaran Islam yang benar.

Agaknya siapa pun setuju dengan penolakan terhadap Islam politik dengan konotasi yang demikian. Adjan secara lebih detail mencontohkan Islam politik dengan perilaku seorang Muslim yang hanya karena ingin disebut sebagai Muslim ia selalu menyempatkan salat Jumat di tempat salatnya para penguasa, padahal sehari-hari ia tidak pernah atau jarang salat…….#OP070505A#

Nurwaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: