Waisak 2549 untuk Kesejahteraan Umat Manusia

Terpujilah Adhi Buddha, Tuhan Yang Maha Esa

Terpujilah Buddha dan para guru umat manusia

“Manakala pemimpin tidak memberikan keteladanan melalui perilaku, masyarakat akan terpuruk. Keteladanan diperlukan mulai di rumah, dalam masyarakat kecil, maupun masyarakat bangsa. Keserakahan yang mengakibatkan peningkatan polusi dan perusakan lingkungan serta kejahatan sosial disebabkan semakin dibuat parah oleh kurangnya kepemimpinan”.

Peringatan Trisuci Waisak 2549 yang memperingati hai lahir, mendapat pencerahan, dan wafatnya Buddha Gautama tahun ini jatuh pada tanggal 24 Mei 2005. Peringatan ditandai dengan meditasi bagi kesejahteraan umat manusia dan perdamaian dunia. Bagi umat Buddha, yang penting adalah mendalami kembali ajaran suci untuk selalu hidup dalam kesadaran mencapai kebangkitan spiritual bagi kesejahteraan umat manusia serta keharmonisan dengan semesta alam dan isinya.

Perjalanan Buddha selama 45 tahun memberi kotbah sesudah mendapat pencerahan, diberikan kepada semua daerah terutama di pelosok yang mengalami derita fisik dan mental. Nilai-nilai budaya setempat selalu mendapat perhatian, bagaimana hidup tanpa kekerasan, toleransi serta seni kehidupan bersama dengan kerukunan serta kehidupan seni pemerintahan yang memberi bahagia pada rakyat. Mengurangi keinginan keduniawian dan meberantas keserakahan merupakan latihan jiwa yang menuju ketentraman masyarakat lingkungannya.

Kemelut yang dihadapi bangsa dewasa ini tidak lepas dari kurang kewaspadaan dan kesiapan menghadapi masa depan……#OP250505B#

Pdt. Metta Pannakusuma PS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: