Hari Gini, tak Ada Pepustakaan Umum!

Banyak pengamat dan peneliti mengatakan kalau minat (budaya) baca masyarakat Indonesia masih rendah, kalah jauh dari minat (budaya) menonton televisi. Hal itu tentu saja mengkhawatirkan karena agenda televisi terlalu didominasi program-program siaran-termasuk iklan-iklan-yang sama sekali tidak mendidik dan tidak mencerdaskan masyarakat.

Berbagai pihak juga layak prihatin karena kesenjangan yang lebar antara budaya membaca dengan budaya menonton bisa menjadi salah satu indikator lemahnya wawasan dan pengetahuan masyarakat, yang karena itu bisa menjadi parameter rendahnya indeks pembangunan manusia (IPM).

Rapuhnya minat masyarakat terhadap dunia bacaan semestinya sejak awal telah disadari dan menjadi bahan pemikiran pihak-pihak terkait, terutama pemerintah, untuk kemudian dicarikan solusi konkrretnya. Namun demikian, solusi konkret bisa muncul atau, minimalnya, proses berpikir ke arah pencarian solusi konkret bisa dilakukan secara serius hanya jika ada political will pemerintah. Tanpa ada polical will, kebijakan apapun yang diproduksi pemerintah tidak akan pernah menyentuh kebutuhan masyarakat banyak.

Salah satu agenda yang sesungguhnya bisa menjadi solusi konkret pemerintah dalam upaya membangun budaya baca sekaligus mencerdaskan dan memperkaya wawasan masyarakat adalah memperbanyak (baca: menyebarkan) pusat-pusat bacaan gratis seperti perpustakaan umum….#OP070605A#

Atip Tartiana, Ketua Umum Masyarakat Perpustakaan Jawa barat (Mapusta Jabar), dosen FISIP Universitas Pasundan dan Universitas Al-Ghifari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: