Nyi Sunda Mati Duluan

Ketika Miing “Bagito” berbicara tentang Sunda, tak seorang pun tertawa. Sebaliknya, ramailah orang berdebat tentang nasib Ki Sunda. Banyak orang yang khawatir Ki Sunda punah. Tentu saja kekhawatiran itu merupakan ekspresi dari kecintaan mereka terhadap nilai-nilai kesundaan yang saat ini terasa kian pudar.

Ajip Rosidi pernah memprediksikan kemungkinan hilangnya bahasa Sunda dari muka bumi ini. “Menurut perhitungan para ahli, saat ini di dunia ada kurang lebih 6.000 bahasa. Pada akhir abad ini, akan tersisa kurang lebih setengahnya. Jadi akan ada 3.000 bahasa yang mati pada akhir abad ke-21. artinya, 30 bahasa dalam setahun. Artinya, dua setengah bahasa dalam sebulan akan mati. Kira-kira setiap 10 hari, ada satu bahasa yang hilang dari dunia. Bahasa Sunda ada dalam antrean yang akan mati, sebab orang Sunda sudah tidak mau berbicara menggunakan bahasa Sunda,”tulis Ajip dalam majalah Cupumanik (No.11 Jumi 2004 hlm.23).

Pernyataan Ajip lebih tampak sebagai ungkapan kekhawatiran yang justru bisa dihindarikan jika segera ada usaha untuk mengantisipasinya. Pernyataan itu bukanlah penegasan bahwa bahasa Sunda akan mati. Sebaliknya, di balik pedaran itu, tersimpan banyak harapan agar bahasa Sunda tetap lestari keberadaannya.

Begitu pula dengan Dedi “Miing” Gumelar ketika berdiskusi di kantor redaksi koran Galura (12/05). Miing pun mengungkapkan ekspresi keprihatinannya terhadap kalumangsungan budaya Ki Sunda, setelah melihat dan merasakan berbagai indikasi yang jelas-jelas bisa mengantar Ki Sunda pada jurang kepunahan.

Adapun opini berjudul “Ki Sunda Mustahil akan Mati”’ yang ditulis oleh Mira R.G. Wiranatakusumah (PR 25/05), pada dasarnya mengungkapkan pula harapan bagi hirup-huripna Ki Sunda….#OP080605B#

Dhipa Galuh Purba, Mahasiswa STSI dan Jurnalistik IAIN Sunan Gunung Jati Bandung. Aktivis Paguyuban Panglawungan Sastra Sunda, Pasamoan Sophia, dan Fokalismas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: