Meneguhkan Gerakan Kultural Muhammadiyah

Belakangan santer terdengar dalam tubuh ormas Islam terbesar kedua ini bangkitnya kaum muda yang sering disebut dan dituduh terjangkit virus sekularisme-liberalisme. Mereka tergabung dalam Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah sebagaimana yang terjadi pada Jaringan Islam Liberal, dibawah koodinator Ulil Abshar Abdala.

Secara terang-terangan, kelompok yang tak sepakat dengan beberapa gagasan anak muda menuduh Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah (JIMM) dan beberapa elemen Muda Muhammadiyah belakangan telah membahayakan persyarikatan dengan gagasan-gagasan yang “tidak Islami” sehingga harus diwaspadai.

Bahkan penolakan atas anak-anak muda ini adalah “mengharamkan” untuk bisa masuk dalam arena Muktamar Muhammadiyah. Sekurang-kurangnya Muhammadiyah harus mengeluarkan larangan agar anak-anak muda yang tergabung di JIMM mempertanggungjawabkan pemakaian nama Muhammadiyah sebab dinilai tidak sesuai dengan khitah Muhammadiyah.

Muhammadiyah pernah “terjebak” dalam politik praktis bangsa ini tatkala tahun 2004 mendukung secara malu-malu pencalonan Amien Rais untuk jadi presiden, sekalipun gagal.
Belajar dari kegagalan tersebut, Muhammadiyah agaknya akan berhidmat pada urusan nonpolitik praktis sebagaimana selama ini ditekuninya. Muhammadiyah pendek kata mengurangi syahwat politik praktisnya, sekalipun ada beberapa yang terrjun dalam dunia politik praktis.

Apa yang dulu pernah dilontarkan M Din Syamsudin tentang politik alokatif umat Islam, saya kira saat ini perlu dipikirkan kembali oleh Muhammadiyah. Politik alokatif sebenarnya hendak memberikan pesan kepada umat Islam agar tidak hanya berkonsentrasi pada satu patai politik saja, apalagi hanya berlabel Islam. Hendaknya umat Islam tersebarr dalam patai politik yang ada sehingga aspirasi umat Islam bisa tersalurkan….#OP060705B#

Zuly Qodir, Peneliti di Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM (Kompas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: