Keselamatan Transportasi dan Komunikasi Pemerintahan

Kecelakaan laut yang menimpa KM Senopati Nusantara yang disusul dengan hilangnya pesawat terbang jenis Boeing 737-400 milik maskapai penerbangan AdamAir menunjukkan belum adanya komitmen tinggi negara tentang keselamatan transportasi. Ironisnya, peristiwa kecelakaan lalu lintas ini disusul tindakan pemerintah mengeluarkan informasi seputar musibah itu yang kurang akurat dan menimbulkan kesimpangsiuran.

Pemerintah seolah diingatkan untuk lebih bersikap bijaksana. Patut mempertimbangkan agar digunakan komunikasi yang tepat dalam memberikan pernyataan. Bukan halnya penyelenggara transportasi saja yang patut didengar, namun konsumen juga perlu diperhatikan.

Bagaimana seharusnya keselamatan transportasi ditempatkan? Bagaimana peran pemerintah dalam upaya keselamatan itu? Dan seperti apa harusnya pemerintah mengkomunikasikan informasi dalam kondisi darurat atau kecelakaan pada masyarakat?

Kadang-kadang pelayanan angkutan ini menjadi sesuatu yang mau tidak mau harus diterima masyarakat. Sebenarnya, kita tidak ingin berkutat dengan keterlambatan, berjejal-jejal dan seringkali mendapat permainan tarif seenaknya dari operator angkutan tanpa bisa berbuat banyak.

Namun bagaimanapun, orang sangat membutuhkan jasa ini. Terjadinya perkembangan perekonomian suatu negara telah membawa transportasi menjadi kebutuhan yang penting bahkan ke arah terjadinya saling ketergantungan. Dalam perkembanganannya barang atau orang akibat berbagai faktor pendorong cenderung berrpindah atau bergerak dari tempat asal ke tempat tujuan. Sadar atau tidak, moda angkutan sudah tidak adil kalau ada pihak yang memanfaatkan pentingnya kebutuhan transpotasi untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

Konsep sampai di tempat tujuan dengan selamat, sebagai suatu produk dalam transportasi hendaknya diyakini sejak awal. Ini berarti moda transportasi harus mempunyai sejumlah persyaratan (Warpani,1990:18). Pertama, syarat aman……Kedua, syarat nyaman….Ketiga, cepat dan murah…..#OP080107B#

Suyatno, Dosen komunikasi pemerintahan dan pengguna jasa transportasi, alumni UGM. (PR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: