Ekskalasi Gempa Bumi

Kejadian gempa bumi yang bertubi-tubi menerpa bumi dengan ekskalasi yang tampaknya terus meningkat dalam kekuatannya kita tentunya harus memberikan perhatian yang cukup apalagi Indonesia terletak di wilayah “Ring of  Fire” jalur patahan kerak bumi wilayah Pasifik. Akan sampai berapakah ekskalasi kekuatan gempa yang akan terjadi dan sampai kapan ?. Bila mengacu pada skala Richter yang maksimum pada angka 10 dan tingkat itu sebagai tingkat maksimum yang akan terjadi (mudah-mudahan tidak) maka bila kejadian-kejadiannya setara deret hitung angka maksimum akan tercapai pada kisaran tahun 2025 dan kemudian menurun kembali ke kondisi “stabil” pada tahun 2050. Jangka waktu yang cukup lama untuk ukuran manusia tetapi tidak untuk bumi. Hal tersebut diatas hanyalah sebuah pengandaian yang terlalu sederhana karena gempa bumi hingga saat ini belum dapat diprediksi begitu juga polanya. Masih diperlukan waktu juga penelitian yang lebih banyak dan mendalam untuk dapat mencapai kemampuan prediksi sebuah gempa setidaknya gempa berkekuatan besar.

Dibawah merupakan uraian dan ilustrasi dari sumber USGS dan kejadian gempa kuat terakhir di Chili .

“100% Kemungkinan dari sebuah Gempa”
Ada peluang 100 persen terjadi gempa bumi hari ini. Meskipun jutaan orang mungkin belum pernah mengalami gempa bumi, gempa bumi sebenarnya sangat sering kejadian di planet ini. Jadi hari ini – di suatu tempat – sebuah gempa bumi akan terjadi.

hal itu, mungkin kejadian ringan sehingga hanya instrumen sensitif yang akan melihat gerakannya; tetapi hal itu juga mungkin sampai mengguncang rumah-rumah, mainan, jendela, dan memindahkan benda-benda kecil, atau kemungkinan lainnya cukup kuat untuk menyebabkan kerusakan harta benda, kematian dan cedera.

Diperkirakan bahwa sekitar 700 guncangan setiap tahun mempunyai kemampuan ini ketika berpusat di sebuah daerah penduduk. Tapi untungnya, sebagian besar gempa bumi yang berpotensi merusak pusatnya berada di daerah tidak berpenghuni jauh dari peradaban.

Karena sebagian besar gempa bumi setiap tahun berpusat di sekitar tepi Samudera Pasifik (Ring of Fire), yang disebut oleh ahli gempa sebagai circum-Pacific belt, ini adalah lokasi yang paling mungkin untuk hari ini gempa. Tetapi gempa bumi bisa mencapai lokasi manapun, karena tidak ada daerah yang sepenuhnya bebas dari gempa bumi.

Menyatakan bahwa gempa bumi akan terjadi hari ini tidak benar-benar berarti “memprediksi gempa”. Sampai saat ini, gempa bumi tidak dapat diprediksi. Tapi siapa pun, pada setiap hari, bisa membuat pernyataan tersebut dan itu akan menjadi kenyataan. Hal ini karena beberapa juta gempa terjadi setiap tahun; demikian, ribuan terjadi setiap hari, meskipun kebanyakan terlalu kecil untuk dirasakan. Masalahnya, bagaimanapun, adalah dalam hal penentuan didaerah mana pusat akan terjadi nya gempa bumi kuat  dan kapan akan terjadi.

Walaupun begitu, prediksi gempa adalah kemungkinan masa depan. Sama seperti sekarang Biro Cuaca meramalkan topan, tornado, dan badai yang parah lainnya, yang mungkin suatu hari nanti NEIC dapat memberikan ramalan tentang gempa bumi. Penelitian gempa ditingkatkan setelah shock Alaska pada tahun 1964. Hari ini, penelitian sedang dilakukan oleh USGS dan lembaga federal dan negara, serta universitas dan lembaga-lembaga swasta. Prediksi gempa mungkin suatu hari nanti menjadi kenyataan, tetapi hanya setelah lebih banyak dipelajari tentang mekanisme gempa bumi.

http://earthquake.usgs.gov/learn/topics/100_chance.php

8.5-magnitude earthquake off the coast of Chile

8.5-magnitude earthquake off the coast of Chile

AFP – An 8.5-magnitude earthquake struck the Pacific Ocean near the coast of Chile early Saturday and US authorities …

Sat Feb 27, 3:06 am ET

WASHINGTON (AFP) – An 8.5-magnitude earthquake struck thePacific Oceannear the coast of Chile early Saturday and US authorities warned it could generate a tsunami.

The epicenter of the tremor, which occurred at 3:34 am local time (0634 GMT), was 91 kilometers (56 miles) north northeast of the Chilean town of Concepcion and 110 kilometers southwest fromTalca, also in Chile, the US Geological Survey said………..

Link berita AFP atau Blog Bencana 2050

Comments
2 Responses to “Ekskalasi Gempa Bumi”
  1. sahrulpabiccang mengatakan:

    Salam kenal bro, numpang baca, info gempa yg cepat dimana bro?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Arkeologi

  • Trader

  • Energi Alternatif

  • Bencana Global 2050

  • Flying

  • Kereta Api

  • Konstruksi – Arsitektur

%d blogger menyukai ini: